Javanese beliefs (Kebatinan or Kejawen) have principles embodying a "search for inner self" but at the core is the concept of Peace Of Mind. Although Kejawen is a religious category(Agama), it addresses ethical and spiritual values as inspired by Javanese tradition. That can as religion in usual sense of the world, like Christianity, Judaism, Budha or Islam. Kejawen adalah Agama Jawa yang di Ajarkan dalam Budaya Jawa yang di sebut Kejawen. Kawruh kejawen. Ilmu Kejawen, Agama Kejawen

Dibangun dengan dana Rp 2 miliar Wonogiri bakal miliki pura megah

Dibangun dengan dana Rp 2 miliar Wonogiri bakal miliki pura megah
WONOGIRI - Dalam waktu yang tidak lama lagi, Wonogiri bakal mempunyai pura seindah dan sehebat Pura Besakih, Bali. Peletakan batu pertama pembangunan pura tersebut dilakukan Minggu (19/7) di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, tepatnya di sebelah barat bangunan Museum Karst.
Untuk mengawali prosesi tersebut, sekitar seribu umat Budha Bali datang di lokasi untuk menggelar doa yang dipimpin I Dewa Gde Nuaba SE. ”Ini merupakan rencana yang sangat bagus. Untuk itu ketika ada undangan dari bupati Wonogiri, kami langsung menyanggupinya untuk datang ke sini,” kata I Desa Gde Nuaba.
Kedatangan rombongan yang semuanya merupakan pengurus dan anggota Koperasi Adil tersebut diterima oleh Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi di pendapa rumah dinas bupati.
Begitu sampai halaman rumah dinas, rombongan disambut hiburan seni Reog yang telah membudaya di Wonogiri, diteruskan dengan suguhan berbagai seni tari. Atas penyambutan itu, pimpinan rombongan I Dewa Gde Nuaba merasa puas.
Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, tepatnya di areal Museum Karst, guna melakukan prosesi persembahan doa atas dimulainya pembangunan pura.
Sebelum prosesi doa dimulai, mereka terlebih dahulu merangkai janur untuk sesajian (canangsari). Di sela-sela pembuatan canangsari, I Dewa Gde Nuaba terus memberikan motivasi kepada seluruh umat Budha yang hadir dalam acara tersebut diiringi lagu-lagu religi yang diputar melalui Ipod milik I Dewa Gde Nuaba dan diperkeras melalui soundsystem yang dipersiapkan oleh panitia.
Batu Gunung AgungSementara, I Ketut Padang Subadra, arsitektur yang dipercaya membangun pura di Wonogiri menjelaskan, pada awalnya pura yang dibangun di atas bukit tersebut seluas 15 X 30 meter. Namun dalam perkembangannya luasannya ditambah menjadi 20 X 33 meter. ”Untuk menuju pura, kami menyediakan jalan naik bertrap sepanjang 125 meter,” ujarnya.
Disinggung soal dana, I Ketut menjelaskan, Pemkab Wonogiri telah menyediakan dana sebesar Rp 2 miliar. ”Setelah ada rencana pengembangan, biaya yang disediakan pun bertambah, namun katanya disokong dari berbagai pihak. Seperti hari ini I Dewa Gde Nuaba telah menjanjikan membantu Rp 100 juta, yang dihimpun dari anggota Koperasi Adil,” katanya. Dengan persiapan dana sejumlah itu, lanjutnya, I Ketut berani mendatangkan bahan-bahan berkualitas nomor wakhid.
”Untuk batu yang digunakan akan kami ambilkan batu lahar dari Gunung Agung, Bali. Sedangkan untuk kayunya, kami carikan kayu jati terbaik untuk selanjutnya dibawa ke Bali untuk digarap tenaga-tenaga ahli di sana, baru setelah jadi dibawa ke Wonogiri. Untuk ijuknya pun harus kami olah terlebih dahulu di Bali. Dengan bahan-bahan terbaik, nantinya pura ini sepadan dengan pura di Besakih, Bali,” ujarnya.
Kepala Badan Perencana Kabupaten (Bapekab) Wonogiri, Drs Pranoto MM menjelaskan, pembangunan pura tersebut merupakan realisasi program jagad spiritual yang dibangun di sekitar Monumen Karst Wonogiri. Pm-ip
http://www.wawasandigital.com

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Dibangun dengan dana Rp 2 miliar Wonogiri bakal miliki pura megah"

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

Saya juga lagi dan sedang mencari pure di wonogiri. Tolong di share lokasi pas nya dmn. Mudah2an saya bisa tangkil minggu ini.

PURA/ PURE DI WONOGIRI
1.Pura Giri Sentanu. Jl. Semangka 3 Kajen RT 01, kecamatan Giri Purwa, kabupaten Wonogiri
2.Pura Puncak. Desa Gebangharjo, kecamatan Pracimantoro, kabupaten Wonogiri

 
Template By AgamaKejawen
Back To Top