Javanese beliefs (Kebatinan or Kejawen) have principles embodying a "search for inner self" but at the core is the concept of Peace Of Mind. Although Kejawen is a religious category(Agama), it addresses ethical and spiritual values as inspired by Javanese tradition. That can as religion in usual sense of the world, like Christianity, Judaism, Budha or Islam. Kejawen adalah Agama Jawa yang di Ajarkan dalam Budaya Jawa yang di sebut Kejawen. Kawruh kejawen. Ilmu Kejawen, Agama Kejawen

Ketakutan Pengikut Agama Import

Edisi 37/02 - 15/Nop/1997
Nasional


Sempalan di Atas Jagad Nusantara

--------------------------------------------------------------------------------
Di luar perseteruan KISDI dan Perhimpunan Penghayat Kepercayaan, ternyata tumbuh berbagai sempalan agama. Semuanya tumbuh dalam Islam, Kristen, Hindu dan Budha. Mengapa mereka dilarang?
--------------------------------------------------------------------------------

Kontroversi pengakuan aliran kepercayaan dalam GBHN mencuat lagi, setelah dipicu protes KISDI (Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam). Puluhan massa pendukung KISDI mendatangi FPP/MPR, 5 Nopember lalu. Mereka menuntut agar aliran kepercayaan dikeluarkan dari GBHN. Sebab kelompok ini dinilai telah memanfaatkan legalitas GBHN untuk memperkuat posisinya.

Selain itu, KISDI juga meneriakkan agar Direktorat Pembinaan Penghayat Kepercayaan (DPPK) yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dibubarkan dan pembinaan aliran kebatinan ini diserahkan kembali kepada induk agamanya. Protes itu disampaikan berkaitan dengan tengah dibahasnya naskah GBHN 1998 oleh MPR. "Keberadaan mereka jelas akan merongrong kewibawaan Islam," ujar Ketua Pelaksana Harian KISDI HA Sumargono, sengit. (lihat wawancara Sumargono: "Aliran ini Akan Merongrong Kewibawaan Islam").

Buktinya, menurut Soemargono, aliran kebatinan ini tetap bertahan dengan keyakinannya. Mereka menolak untuk kembali ke agamanya masing-masing. Bahkan mereka terang-terangan membentuk sistem sosial dan ritual tersendiri, seperti misalnya cara menikah, bersumpah, mengurus mayat dan lain-lain. Tapi tuntutan ini justru ditentang Zahid Hussein, Ketua Himpunan Penghayat Kepercayaan. Menggugat keberadaan mereka dalam GBHN, atau bahkan menumpas wadahnya, bukan berarti lantas melumpuhkan mereka—yang sudah tumbuh beratus tahun. (lihat wawancara Zahid Hussein "Apakah dengan Membunuh Organisasi, Aliran Kepercayaan Akan Mati?" )

Ketua FPP Yusuf Sayakir menambahkan, sebenarnya pihaknya telah berjuang untuk menolak masuknya aliran kebatinan dalam GBHN pada tahun 1978—dan fraksi ini paling ngotot memperjuangkannya sampai kini. Ini lantaran dampak negatif yang mereka rasakan dengan bertenggernya aliran itu sejak tahun 1973. Tapi gagal, dan aliran ini tetap melenggang didukung GBHN dan kebijakan pemerintah. Sampai kini mereka, selain diwadahi, juga bernaung dalam sebuah direktorat tersendiri dalam Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI

Namun, yang menarik dicermati, bagaimana sesungguhnya kisah tumbuhnya aliran-aliran ini dalam agama?

Aliran dalam Islam:

Rasululalh pernah bersabda, suatu saat umatnya terbelah menjadi 73 firqah, alias golongan . Repotnya, umat Islam lalu berlomba membentuk dan membanggakan golongan yang paling benar. Bagi umat Islam, aliran kepercayaan bagai duri dalam daging. Sempalan-sempalan agama yang dianggap menyesatkan itu hidup subur dan beragam.

Aceh yang sering disebut Serambi Mekah, menjadi daerah paling rawan dan hampir tak pernah diam, dari hilir-mudiknya aliran sempalan. Aliran sesat Bantaqiyah, misalnya. Mereka diduga punya satu sambungan ajaran Hamzab Fansyuri yaitu ajaran Wujudiyah, yang sejak abad 16 merupakan aliran paling terkenal di daerah itu. Ajaran ini mengumbar tata cara ibadah mirip ajaran Syekh Siti Jenar yang menyebarkan fana fillah alias musnah dalam Allah dan Anal Haq atau Akulah Tuhan—ajaran yang digagas sufi kontroversial Al-Hallaj.

Sempalan lainnya, Pasukan Jubah Putih, menyerbu masjid Nurul Huda Meulaboh dan Sligi pada 1984. Ajaran serupa juga dilakoni oleh pasukan yang menamakan diri Gerakan Ma’rifatullah pimpinan Ilmas Lubis di Aceh Barat. Bersama sederet aliran lain, keduanya lantas dilarang.

Ketua Badan Koordinasi Penelitaan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakor pakem) secara resmi meminta agar Kejaksan Tinggi Aceh membubarkan seluruh kegiatan LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) yang menjurus ke jalur sesat. Pimpinan LDII nekad mengisolir pengikutnya dari umat Islam lain. Mulai dari sholat berjamaah dan berjabat tangan. Mereka bahkan beranggapan bahwa tempat duduk yang baru ditempati umat islam lainnya, dianggap haram tanpa disucikan dulu.

Pada tanggal 28 Januari 1983 Tarekat Saufiyah Sumaniyah yang konon warisan Syeikh Ibrahim Bonjol, diberangus. Aliran ini menganggap haji tidak wajib, cukup mensucikan diri.

Tak lama berselang, di Kuala Simpang tokoh bernama Abdul Majid Abdulah, bersama pengikutnya bersyiar menggegerkan: orang tua dan kakek Nabi Muhamad sebagai kelompok kafir yang kelak menjadi kerak neraka. Aliran ini, termasuk jenis non tarekat, mengharamkan surat yasin dan wirid. Sebaliknya persentuhan laki dan perempuan setelah wudu, dianggap sah-sah saja untuk menjalankan salat. Yang lebih aneh, daging anjing dihalalkan. Aliran yang dibabat tanggal 7 Pebruari 1983 ini memiliki kitab sendiri, bernama Subulus Salam.

Larangan juga berlaku bagi ajaran Ilman Lubis tahun 1982. Aliran sesat yang tumbuh di pulau Simeulu, Aceh Barat, menerangkan kiblatuliman terdiri kiblat tubuh, nyawa, hati, dan sirr. Bulan Juli 1978, dua aliran lagi di bumihanguskan di Aceh Tenggara. Ahmad Arifin sang pemimpin menganggap alam raya sudah ada sebelum Allah. Sebentar kemudian giliran pasukan pengikut Ma’rifatulah di Banda Aceh, dibekuk.

Di Jawa, Islam Jamaah dibubarkan pada 1971. Para bekas penganutnya lari ke Lemkari yang sebagian besar mengikuti ajaran Ubaidah. Pemimpin aliran ini. Pos terbesarnya ada di Jawa Timur, bercirikan mode celana ‘anti banjir’ dan mengharamkan bermakmum dengan orang di luar jamaah mereka.

Jakarta tak mau ketinggalan. Aliran Ingkar Sunah, yang melarang adzan, ini berhasil menyedot masa. Tapi, 30 September 1983, pengikutmya berhasil diringkus aparat. Sementara Teguh Esha, penulis novel Ali Topan Anak Jalanan, bereksperimen menciptakan tata cara sholat baru. Rekaatnya berjumlah 19 sehari. Dikemas dalam bacaan bahasa Indonesia, plus adegan silat. Teguh menyebut dirinya Rasul, dan berseru bahwa hadis itu dusta

Di Jawa Barat, tak kurang dari 120 aliran dilarang hidup. Di antaranya, yang tumbuh di bumi priangan Bandung, aliran Ahmadiyah, tamat pada tahun 1983. Ada pula segerombolan orang Sumedang yang nekad menyembah matahari. Yang terakhir, konon, punya kitab sendiri yang dibuat oleh penciptanya, Mai Kartawinata: Pedoman Baru Dasar Perjalanan, dan Budi Jaya, semuanya dalam bahasa Sunda. Kitab itu disusun dari kumpulan wangsit yang diperoleh saat bersemedi di Purwakarta.

Di Subang muncul aliran serupa. Lebih drastis lagi, ajaran ini menganggap Islam agama impor. Buat apa salat dan puasa yang bikin kurus? Di Garut muncul Ahmadiyah Qadian, yang dituding bertentangan dengan Islam, kemudian memicu munculnya Ahmadiyah baru, dengan embel-embel Lahore. Terakhir muncul tarekat Idrisiyah, yang mengajarkan zikir sampai pingsan. Menurut MUI, aliran-aliran itu di luar jamaah Islam.

Seseorang pimpinan aliran sesat juga muncul di Klaten, Jawa Tengah. Ki Kere Klaten, begitu ia menamakan dirinya. Tahun 1983, ia harus rela pasukannya dihantam pemerintah. Menyusul kemudian, golongan Islam Alim Andil pada 1981. Aliran Subud yang merupakan terusan ajaran mendiang Subud, juga dibredel tak lama kemudian.

Di Ranah Minang lahir aliran Jamiyatul Islamiyah. Pengikutnya mencapai 50 ribuan menyebar hingga ke Ambon. Aliran ini menyumpah jamaah dengan menginjak Alquran, menghilangkan kata Muhammad dalam syahadat sehingga artinya menjadi "akulah ini rasul". Sedang di Sulawesi Selatan, tiap musim haji sekolompok orang pergi ke gunung Bawakaraeng dan bertawaf mengelilingi tugu Beton Triagulasi yang dipancang oleh Belanda. Tahun 1987 angin topan dan banjir menghajar para haji itu : 13 orang tewas .

Beberapa aliran kepecayaan dan kebatinan, yang dilegalkan oleh GBHN, terhimpun dalam DPPK. Diantaranya Sumarah dengan kitab suci Sesanggaman, Pangestu dengan Pusaka Sasengko, Jati Kawruh Kasunyatan dengan Kawula Gusti Murid Sejati dan ajaran Ngesti Tunggal. Pangestu sendiri dilahirkan oleh R Soenarto Mertowerdojo tanggal 14 Februari 1932 dan resmi jadi organisasi pada 1949. Mereka merupakan aliran pertama yang punya organisasi di alam kemerdekaan Indonesia. Sedangkan aliran Sumarah, disebut bukan kepecayaan, tetapi paguyuban menuju ketentraman lahir batin. Aliran ini dikenalkan pertama kali oleh Raden Soekino Hartono.

Sebenarnya terdapat banyak persamaan dari aliran-aliran legal itu. Sebagai organisasi aliran, mereka lahir dari rintisan seseorang yang kelak menjadi sesepuhnya, yang akan membibing pengikutnya untuk tumbuh. Yang lebih penting adalah meyakini Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurut DR.Kunto Wijoyo dosen Sejarah Fakultas Sastra UGM, munculnya berbagai aliran sesat disebabkan tipisnya keimanan seseorang, dan ketidaktahuan tentang agama yang benar.

Aliran dalam Agama Kristen:

Kebanyakan aliran dalam agama ini diimpor dari Amerika. Children of God adalah yang paling menggemparkan. Pasalnya istilah "kasih" diterjemahkan sebagai kebebasan seksual. Aliran ini disapu pada tanggal 12 Maret 1984. Sebelumnya Sidang Jemaat Kristus yang dikembangkan Raja Dame Sihotang dibredel tahun 1980. Di Jabar, Aliran Kepribadian diberangus pada 1972. Menyusul kemudian Aliran kepercayaan Manunggal dan ajaran Siswa Alkitab Saksi Yehova yang masing-masing tamat riwayatnya pada 31 Juli dan 7 Desember 1976. Madrais yang berpendapat agama tak lebih kuat dibanding kebatinan, turut dibabat.

Sementara di Jawa Barat berdiri Paguyuban Adat Cara Karuhun Urang (PACKU). Paguyuban yang dibentuk Djatikusumah 11 Juli 1981, ini menghendaki surat pernyatan keluar dari agama yang semula dianut bagi calon anggotanya. Ajarannya masih percaya Yesus tapi tidak terhadap gereja sebagai jalan.

Aliran dalam Agama Budha:

Yang paling terkenal aliran Nichiren Sosu Indonesia (NSI), dari Jepang, yang lantas menyerang seluruh sekte lain. Diresmikan oleh Alamsyah Ratu Prawiranegara, di Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat, akhirnya menjadi aliran legal. Sementara Budha Mahayana hasil kreasi Bikhu Surya Karma Chandra dilarang pada 21 Juli 1978 lantaran tidak mendapat dukungan masyarakat karena tidak menerima doktrin Ketuhanan Yang Maha Esa. Patung sesembahannya tak hanya satu patung Budha tapi juga diletakkan patung lain 10 kali lebih besar sebagai perlambang Awalokitesshwars alias Kwan In

Aliran dalam Agama Hindu:

Hare Khrisna, aliran yang mempunyai ajaran baik, tetapi dianggap lebih cocok untuk sanyasin yaitu yang sudah lepas dari keduniawian. Mereka banyak diprotes karena bermaksud meniadakan segala bentuk upacara keagamaan di Bali dan menimbulkan perpecahan di kalangan umat Hindu. Aliran ini cuma mengakui Khrisna sebagai Tuhan. Akhirnya dibekukan pada 1971.

Aliran Sadar Mapan tercipta pada bulan April1984, lantaran Hardjanto, pemimpinnya, dipecat dari Parisada Hindu. Pusatnya ada di Tengger, Jawa Timur, dengan penganut berjumlah kurang lebih satu juta orang.

AS

http://www.tempointeraktif.com/ang/min/02/37/nas1.htm
http://indonesia.faithfreedom.org/forum/ahmad-sumargono-hapus-aliran-kepercayaan-t21265/


Mungkin Aliran Kepercayaab Sengaja tdk Diakui Agar Islam tetap mjd Mayoritas di indonesia

Laurent
Lupa Diri
Lupa Diri

Posts: 1521
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Top

Postby Laurent » Fri Jan 11, 2008 6:56 am
Takut ya , Islam tak jadi mayoritas jika agama2 Asli Indonesia diakui Keberadaannya ya

Laurent
Lupa Diri
Lupa Diri

Posts: 1521
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Top

Postby Adadeh » Fri Jan 11, 2008 7:00 am
Tidak sepenuhnya terjadi seperti itu setelah Orde Baru. Buktinya, Presiden Megawati malah menetapkan Kong Hu Cu sebagai agama resmi yang diakui Pemerintah. Jika Kong Hu Cu (bukan asli berasal dari Indonesia) bisa jadi agama resmi, mengapa aliran2 kepercayaan lain yang asli dari Indonesia tidak bisa diakui? Saya pikir ini tinggal tunggu waktu saja. Siapa tahu Presiden seperti Mega akan memimpin Indonesia lagi setelah SBY.

User avatar
Adadeh
Translator

Posts: 6860
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Top

Postby Hand15 » Fri Jan 11, 2008 11:36 am
Saya lebih berharap Gus Dur jadi presiden (tapi kayaknya sih gak mungkin)

Hand15
Mulai Suka
Mulai Suka

Posts: 382
Joined: Wed Oct 05, 2005 2:40 am

Top

Postby johnlegend » Fri Jan 11, 2008 12:11 pm
jgn gus dur ah.. nanti golongan fpi mmi dll ngga bisa bergerak dengan bebas.. tar ngga ada kasus penutupan gereja..

kasih sekali lagi deh kasus2 kyk gini dalam 5taon mendatang.. gw yakin banget.. makin banyak yg eneg n murtad..

johnlegend
Kecanduan
Kecanduan

Posts: 2069
Joined: Fri Dec 21, 2007 2:14 am

Top

Postby Laurent » Sun Jan 13, 2008 9:00 am

Adadeh wrote:Tidak sepenuhnya terjadi seperti itu setelah Orde Baru. Buktinya, Presiden Megawati malah menetapkan Kong Hu Cu sebagai agama resmi yang diakui Pemerintah. Jika Kong Hu Cu (bukan asli berasal dari Indonesia) bisa jadi agama resmi, mengapa aliran2 kepercayaan lain yang asli dari Indonesia tidak bisa diakui? Saya pikir ini tinggal tunggu waktu saja. Siapa tahu Presiden seperti Mega akan memimpin Indonesia lagi setelah SBY.



SKg MUi Bilangnya bikin Agama Baru aja, nggak usah2 bawa nama2 Islam spt kasus-nya Ahmadiyah, tetapi yg nggak ada kaitannya dgn Agama Islam tetap aja difatwa Sesat spt Kasusnya Dayak Segandu itu

Laurent
Lupa Diri
Lupa Diri

Posts: 1521
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Top

Postby Laurent » Wed Mar 05, 2008 7:56 am
Ini lagi salah satu Kelakuan Muslim Indonesia selain Pembakaran Gereja & Penyerangan Ahmadiyah. Tampaknya ini Ketakutan Muslim Radikal jika Aliran Kepercayaan Asli indonesia spt Kejawen, DayaK segandu, Parmalim, Alukta, Kaharingan, dll diakui keberadaanya oleh Pemerintah Indonesia, Islam tdk mjd Mayoritas lagi sebab Kemayoritasan Islam di indonesia justru berada di atas penderitaan para penganut Aliran Kepercayaan yg terpaksa mengaku sebagai Islam karena tdk boleh mencantumkan aliran kepercayaannya di kolom KTP

Laurent
Lupa Diri
Lupa Diri

Posts: 1521
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Top

Postby spongbob83 » Sat Mar 08, 2008 5:13 am
Islam KTP banyak tuh.....
sebenarnya kalo mo sensus nya lebih jelas kenapa islam di indonesia ga maju ya karena itu... ISLAM KTP.... emang kalian yang atheis di KTPnya ditulis apa hayoooooo........:lol:

spongbob83
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama

Posts: 41
Joined: Thu Mar 06, 2008 8:24 pm
Location: CenterMind

* Website
* YIM

Top

Postby somad » Sat Mar 08, 2008 5:22 am

spongbob83 wrote:Islam KTP banyak tuh.....
sebenarnya kalo mo sensus nya lebih jelas kenapa islam di indonesia ga maju ya karena itu... ISLAM KTP.... emang kalian yang atheis di KTPnya ditulis apa hayoooooo........:lol:


Anda ini ngomong apa?
Apa hubungannya kesemua itu dengan aliran kepercayaan?

User avatar
somad
Lupa Diri
Lupa Diri

Posts: 1029
Joined: Tue Sep 20, 2005 11:25 pm
Location: Indo



Postby spongbob83 » Sat Mar 08, 2008 5:34 am
ya pasti ada.... bukankah ktp ada kolom agama.... ya to.... islam, kristen,katolik,hindu,budha... kalo kepercayaan ... yang mana... wong kepercayaan jawa ama sunda beda... masak di ktpnya ditulis sama.. bener tuh... database agama di catatan sipil rubahlah dengan memasukkan semua aliran kepercayaan habis itu disensus lagi.. nanti akan dapat dihasilkan data agama penduduk indonesia yang valid... sehingga tidak ada lagi ISLAM KTP.... karena memang yang berbahaya adalah ISLAM KTP itu sendiri....

spongbob83
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama

Posts: 41
Joined: Thu Mar 06, 2008 8:24 pm
Location: CenterMind



Postby somad » Sat Mar 08, 2008 9:15 am

spongbob83 wrote:ya pasti ada.... bukankah ktp ada kolom agama.... ya to.... islam, kristen,katolik,hindu,budha... kalo kepercayaan ... yang mana... wong kepercayaan jawa ama sunda beda... masak di ktpnya ditulis sama.. bener tuh... database agama di catatan sipil rubahlah dengan memasukkan semua aliran kepercayaan habis itu disensus lagi.. nanti akan dapat dihasilkan data agama penduduk indonesia yang valid... sehingga tidak ada lagi ISLAM KTP.... karena memang yang berbahaya adalah ISLAM KTP itu sendiri....


Anda menulis panjang lebar namun tetap tidak bisa dimengerti
APA HUBUNGANYA DENGAN PENGHAPUSAN ALIRAN KEPERCAYAAN
Seperti yang diminta oleh GOGON.


Posts: 1029
Joined: Tue Sep 20, 2005 11:25 pm
Location: Indo

* Website

Top

Postby osho » Sat Mar 08, 2008 12:12 pm
seharusnya masalah intern sendiri yang harus dibina...
bila takut dan merasa banyak umat agama mereka yang lari ke aliran kepercayaan...
ini membuktikan bahwasannya pelajaran dari agama-agama yang mereka yakini itu belum mampu membina umat beragama mereka sendiri
kalau tak ampuh jangan salahkan mereka lari ke kepercayaan, kebathinan, dll.
sudah dikatakan
agamamu agamamu, agamaku agamaku...



Posts: 2144
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Top

Postby somad » Sat Mar 08, 2008 3:21 pm

pinginkaya wrote:seharusnya masalah intern sendiri yang harus dibina...
bila takut dan merasa banyak umat agama mereka yang lari ke aliran kepercayaan...
ini membuktikan bahwasannya pelajaran dari agama-agama yang mereka yakini itu belum mampu membina umat beragama mereka sendiri
kalau tak ampuh jangan salahkan mereka lari ke kepercayaan, kebathinan, dll.
sudah dikatakan
agamamu agamamu, agamaku agamaku...


I'm with you Pinginkaya
Jadi letaknya masalah bukan di Aliran Kepercayaan!
Paranoida intern yang belum tentu terbukti adalah biang keladinya
Kenapa mikirnya jadi pada terbalik yah?

Posts: 1029
Joined: Tue Sep 20, 2005 11:25 pm
Location: Indo



Postby openyourmind » Sat Mar 08, 2008 7:20 pm
bukankah islam itu selalu exclusive...I mean kebalikan pada umumnya.

Posts: 3047
Joined: Fri Oct 20, 2006 8:42 am

Top

Postby Jeleme_Lengeh » Thu Apr 17, 2008 11:49 pm
Aliran kepercayaan yang minoritas ditakuti karena berpotensi untuk menggoyang agama mayoritas yang ada.


Posts: 122
Joined: Fri Apr 04, 2008 10:24 pm

Top

Postby Laurent » Wed Apr 30, 2008 8:36 am

osho wrote:seharusnya masalah intern sendiri yang harus dibina...
bila takut dan merasa banyak umat agama mereka yang lari ke aliran kepercayaan...
ini membuktikan bahwasannya pelajaran dari agama-agama yang mereka yakini itu belum mampu membina umat beragama mereka sendiri
kalau tak ampuh jangan salahkan mereka lari ke kepercayaan, kebathinan, dll.
sudah dikatakan
agamamu agamamu, agamaku agamaku...



Betul sekali, Lagi pula Indonesia yg berbhineka Tunggal Ika & multikultural mana mungkin 90% penduduknya beragama Islam. saya Rasa dr 90% , sebagian besar-nya terpaksa memeluk & bahkan mengaku sbg Islam krn Agama mereka tdk diakui oleh negara.

copy from :http://indonesia.faithfreedom.org/forum/ahmad-sumargono-hapus-aliran-kepercayaan-t21265/
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ketakutan Pengikut Agama Import"

 
Template By AgamaKejawen
Back To Top