Javanese beliefs (Kebatinan or Kejawen) have principles embodying a "search for inner self" but at the core is the concept of Peace Of Mind. Although Kejawen is a religious category(Agama), it addresses ethical and spiritual values as inspired by Javanese tradition. That can as religion in usual sense of the world, like Christianity, Judaism, Budha or Islam. Kejawen adalah Agama Jawa yang di Ajarkan dalam Budaya Jawa yang di sebut Kejawen. Kawruh kejawen. Ilmu Kejawen, Agama Kejawen

POP UP

Mas Tamvan on Facebook!

Pura di Jawa Tengah dan Jogja

GUNUNG KIDUL

  1.PURA NGESTHI BERATHA DHARMA—GUNUNG KIDUL
  Alamat :Dusun Gunung Gambar, Desa Kampung, kec. Ngawer,  Kab. Gunung Kidul
  Piodalan:
  Pemangku:  Pak Broto
   
 2. PURA BHAKTI WIDHI—GUNUNG KIDUL
  Alamat : Dusun Bendo, desa Beji, kec. Ngawen
  Piodalan:
  Pemangku/wasi Triman
 
 3. Pura Santi Loka,   Banaran,Gunung Kidul
Pura Santi Loka berada pada Kecamatan Playen tepatnya di Desa Banaran Gunung Kidul. Melanjutkan perjalanan dari Pura Girinata maka waktu yang ditempuh kira-kira 15 menit. Jalur yang ditempuh untuk mencapai Pura Santi Loka adalah belok kanan di perempatan sebelah selatan Pura Girinata, lalu belok kiri di pasar Banaran kira-kira 4 Km dari perempatan awal. Jarak yang ditempuh dari pasar ke lokasi pura kira-kira 1 Km. Pura ini memiliki halaman yang cukup luas dan disekitarnya banyak terdapat tanaman Jati milik warga. Fasilitas lain yang tersedia di Pura ini adalah gedung penyimpanan dan kamar kecil. Ketersediaan air menjadi salah satu masalah di Pura ini jika kita ingin mengadakan kegiatan.

 Pura Bhakti Dharma,Ngawen Gunung Kidul, Jogjakarta
Pura Bhakti Dharma terletak di Dusun Tegal Rejo Desa Beji Kecamatan Ngawen Gunung Kidul. Jumlah umat di pura ini sebanyak 25 kk dan mereka merayakan Odalan pura bersamaan dengan hari raya Kuningan. Pura Bhakti Dharma didirikan pada Tahun 1986. Pura ini terletak di sebelah Timur Pura Bhakti Widhi dengan jarak kira-kra 1,5 Km. Jalan menuju pura masih berupa jalan tanah yang diperkeras dengan batu dan di beberapa bagian sudah dibeton. Kondisi Pura sangat terawat karena tempat tinggal umat dekat dan tepat di sebelah utara Pura adalah rumah Wasi setempat.

Pura Bhakti Widhi,Beji, Ngawen Gunung Kidul, Jogjakarta
Pura Bhakti Widhi memiliki jumlah umat sebanyak 80 Kk dan didirikan pada tahun 1985. Pura yang terletak di Dusun Bendo Desa Beji Kecamatan Ngawen Gunung Kidul memiliki halaman yang luas dan juga fasilitas pendukung yang lengkap, mulai dari ruang penyimpanan, gedung pasraman yang merangkap gedung serbaguna juga dapur dan kamar kecil. Pura ini terletak di pinggir jalan Jogja-Ngawen sehingga mudah dicapai. Perjalanan dari Jogja ke Pura ini menempuh jarak sekitar 65 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Kegiatan pemuda cukup rutin karena telah terorganisasi dalam wadah Gerakan Muda-mudi Hindu Dharma (GMHD), selain itu pemuda dari desa ini yang merantau ke Jakarta telah mendirikan Paguyuban Pemuda Hindu Bendo.

PuraPura Segara Wukir , Segara Ngobaran, Jogjakarta
Pura ini terletak di Pantai Ngobaran, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pura yang masih dalam tahap pembangunan ini mulai dibangun sejak awal Tahun 2008. Pembangunan Pura dan kelengkapannya telah mencapai 70 %. Pura ini nantinya difungsikan sebagai Pura segara bagi umat yang berada di daerah Gunung Kidul, sekaligus menggantikan fungsi Padmasari yang selama ini digunakan dalam kegiatan Melasti menyambut Hari Raya Nyepi. Pura Segara dapat dicapai dalam waktu sekitar satu setengah jam dengan jarak tempuh sekitar 60 Km dari Jogja. Disebelah Utara terdapat rumah yang dimiliki oleh umat.
Pura Mahameru berjarak sekitar 2 Km ke arah Timur dari Pura Eka Bhakti dan masuk ke dalam daerah adminstrasi Desa Singkil Giring Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunung Kidul. Pura ini terkesan kurang dirawat karena memang jaraknya dengan umat cukup jauh. Jumlah umat di Pura Mahameru sebanyak 12 Kk dengan jumlah anak-anak dan remaja yang sangat sedikit. Pura ini berdiri tahun 1976 dan odalannya dilaksanakan pada hari minggu Legi. Jumlah generasi muda yang sedikit menyebabkan umat di Pura ini menyertakan anak-anaknya untuk mengikuti pasraman di Pura Eka bhakti.

Pura Girinata, Wonosari, Jogjakarta

Pura Girinata berada di Desa Gading, Kecamatan Playen Gunung Kidul. Pura ini tidak hanya memiliki penyungsung yang berasal dari umat di sekitar Pura tetapi juga ditambah oleh umat di Jogja yang tergabung dalam Tempekan Patuk. Pura Girinata mudah dicapai karena berada pada jalur Jogja-Wonosari, tepatnya sebelum lampu lalulintas landasan pacu TNI AU Gunung Kidul. Waktu yang ditempuh untuk mencapai lokasi Pura dari Jogja sekitar 1 jam. Fasilitas Pura terbilang lengkap setelah kegiatan pemugaran yang dilaksanakan 2 tahun belakangan dan saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Odalan Pura Girinata dilaksanakan pada Purnama keempat dan selalu banyak dihadiri oleh umat yang berada di Jogja

Profil Pura Podowenang,Ngawen Gunung Kidul
Pura Podowenang berada di Dusun Kaliwaru Desa Beji Kecamatan Ngawen Gunung Kidul. Kondisi Pura sangat baik dan jumlah umat yang menjadi penyungsungnya sebanyak 80 Kk. Kegiatan muda-mudi di Pura ini selalu rutin karena jumlahnya memang banyak. Salah satu kegiatannya adalah memberikan pengajaran kepada adik-adiknya yang masih berada pada jenjang pendidikan dasar. Mata pencaharian umat di pura ini beragam, mulai dari petani, pengrajin caping hingga pegawai negri. Pura ini berjarak sekitar 1 Km dari Pura Bhakti Widhi mengikuti jalan kearah Ngawen. Terdapat gapura di jalan masuk Pura yang sudah dibeton dan jarak ke lokasi dari jalan raya sekitar 300 m.

Pura Dharma Jati,Ngawen, Gunung Kidul
Pura Dharma Jati berada di Dusun Ngelo Kidul Desa Ngelo Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunung Kidul. Jumlah umat yang menjadi penyungsungnya kurang lebih 10 Kk dan sebagian besar berprofesi sebagai petani. Jarak lokasi Pura dari jalan raya utama sekitar 2 km melewati jalan beton dan di beberapa bagian masih berupa jalan tanah yang diperkeras dengan batu. Luas bangunannya tidak begitu besar dan hanya terdapat fasilitas pendukung berupa perpustakaan mini dalam lemari yang berada di Pura.

Pura Bhakti Agung, Gunung Kidul
Pura Bhakti Agung merupakan pura pertama yang didirikan di Gunung Kidul, yaitu pada tahun 1985. Letaknya di Dusun Gudang, Desa Beji Kecamatan Ngawen Gunung Kidul, tepatnya 500 m dari jalan Jogja-Ngawen ke arah barat. Jalan masuk ke Pura ini telah dibeton hingga lokasi Pura. Umat di Pura ini berjumlah 12 Kk dan semuanya telah berusia lanjut. Umumnya anak-anak mereka beralih keyakinan ketika berada di perantauan. Umat di Pura ini rutin melaksanakan kegiatan persembahyangan ketika Purnama, Tilem dan hari Raya lainnya. Mereka semuanya berprofesi sebagai petani. Tidak ada fasilitas pendukung yang memadai di Pura ini karena kondisi umat yang kurang memungkinkan untuk pengembangannya.

Pura yang didirikan pada tahun 1984 ini terletak di Dusun Pucung Desa Planjan Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul. Jumlah umat di Pura ini kurang lebih 55 kepala keluarga dan sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Pura Eka Bhakti merayakan odalannya setiap Purnama Keempat. Perjalanan ke Pura Eka bhakti dari Jogja dapat ditempuh selama satu setengah jam dengan jarak sekitar 57 Km. Saat ini Pura Eka Bhakti sering digunakan untuk kegiatan pasraman bagi anak-anak setiap hari minggu pagi. Selain kegiatan Pasraman Pura Eka Bhakti juga menjadi tempat pertemuan antara umat-umat se-Gunung Kidul yang telah sepuh
Pura ini terletak di Dusun Sumber Desa Planjan Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul. Jarak Pura yang berdiri tahun 1987 ini sekitar 62 km dari Jogja. Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan pendopo di dalam pura. Jumlah umat di Pura ini sebanyak 28 Kk dan sebagian besar sudah tua. Lokasi Pura cukup unik karena berada tepat pada puncak sebuah bukit kecil di tengah dusun sehingga kita harus naik melalui tangga untuk mencapainya. Terdapat satu bangunan kecil sebagai gedung penyimpanan di sisi Utara Pura. Kegiatan pasraman di Pura ini memang tidak ada karena jumlah anak-anak yang sedikit.
Pura Derpo Kusumo berada di Dusun Ngepoh Desa Planjan Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul. Pura yang didirikan awal tahun 90-an ini merupakan tempat bersembahyang bagi umat yang tinggal jauh di pedalaman. Jumlah umat yang menjadi penyungsung Pura sebanyak 85 KK yang berdomisili di dua dukuh yaitu Ngepoh Sari dan Jambu Sari.
Selain kegiatan persembahyangan, setiap hari minggu pagi juga dilakukan kegiatan pasraman pagi anak-anak. Fasilitas pendukung yang sudah dimiliki Pura adalah Gedung Penyimpanan dan kamar kecil yang terletak di sebelah selatan Pura. Untuk mencapai Pura Derpo Kusumo kita harus melanjutkan perjalanan dari Pura Dharma Bhakti, yang terletak di terletak di Dusun Sumber Desa Planjan Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul desa kearah barat kira-kira 6 Km. Akses jalan menuju lokasi merupakan kombinasi jalan yang sudah di beton dan di beberapa tempat masih berupa tanah yang diperkeras dengan batu.
   

SLEMAN

Pura Gadung Melati, Sleman, Jogjakarta,

Pura Gadung Melati berada di jalan kearah pantai Baron, tepatnya di Desa Kemadang Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi Pura berada di sebuah bukit di sebelah kiri jalan dan untuk mencapainya kita tinggal menaiki tangga yang sudah dibangun hingga tepi jalan. Apabila kita datang dari arah Jogja maka tangga ini agak tertutupi oleh rumah penduduk yang terletak di sebelah utara. Kondisi Pura saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Pendopo di dalam pura saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Jumlah umat di sekitar Pura kira-kira 15 Kk namun yang sering aktif sangat sedikit sehingga biasanya dibantu oleh umat pura lain yang berada di Kecamatan Saptosari. Odalan di Pura ini dilaksanakan pada Purnama Kedasa.

BANTUL

1. Pura Sayegan di Sayegan Bantul
hubungi Pak Harso. 
Dulu tempat ini adalah bekas  pasraman dan penggemblengan para satria dengan pengetahuan keperwiraan dan 
rohani. Bahkan Gadjah Mada cukup lama menggembleng para senopati di tempat ini. Terbukti di daerah tersebut juga banyak terdapat peninggalan kuno para leluhur.
 
  
2. Pura Kasihan di Bantul
  
3. Pura Banguntapan, Bantul
Banguntapan hubungi Pak Wasi Akir atau Pak Juaeni, Pura ini adalah tempat pertapaan dari HB II yang kemudian bergelar Ki Banguntapa. Ki 
 
4.Banguntapan ini di yakini sebagai salah satu titisan dari Sabdopalon.
 Pura  Dero di Mino martani hubungi Pak Manku Teja, pura ini memliki energi Gajah Mina ditandai dengan adanya Pelinggih Gajah Mina.

5. Pura Jagatnatha Banguntopo, Bantul

Pura Jagatnatha Banguntopo terletak di Jl. Pura No 370 Jogja, dan termasuk dalam wilayah administrasi Desa Plumbon Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul.

Konon Pura ini adalah tempat pertapaan dari HB II yang kemudian bergelar Ki Banguntapa. Ki

Banguntapan ini di yakini sebagai salah satu titisan dari Sabdopalon.

Pura ini merupakan pura yang paling banyak dikunjungi oleh umat dan menjadi tujuan utama bagi umat yang berada di sekitar Jogja. Kebanyakan umat yang bersembahyang di Pura ini adalah pendatang yang sebagian besar berstatus mahasiswa perguruan tinggi di sekitar Jogja.
Odalan di Pura Jagatnatha bertepatan dengan hari raya Galungan, dan persembahyangan Odalan dilaksanakan pada malam hari. Fasilitas di Pura ini juga terdapat tempat Pasraman bagi anak-anak setiap minggunya, selain itu berbagai rapat dan pertemuan untuk kegiatan keagamaan biasanya dilaksanakan di Pura ini.
 6. Pura Karang Gede,Pendowoharjo Bantul
Pura Karanggede berada di Desa Karanggede Kecamatan Pendowoharjo Kabupaten Bantul. Pura ini mudah dicapai karena kita cukup mengikuti jalan raya Bantul dan belok kanan di gang sebelum gapura masuk kota Bantul. Pura berjarak 50 m dari jalan raya. Odalan di Pura ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Raya Kuningan. Pura baru selesai dibangun beberapa waktu lalu setelah rusak berat terkena Gempa jogja pada tahun 2006. Kondisi pura cukup bagus dan fasilitas pendukung yang tersedia cukup memadai.

SLEMAN

1.Pura Widya Dharma, Ngemplak Kabupaten Sleman

Pura Widya Dharma berada di Dusun Ndero, Desa Wedomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Untuk mencapai Pura ini kita cukup mengikuti jalan ringroad utara Jogja hingga perbatasan dengan ringroad timur lalu belok kiri kearah utara kira-kira 3 km. Odalan di Pura Widya Dharma dilaksanakan bertepatan dengan hari raya Pagerwesi. Fasilitas di Pura ini cukup lengkap walaupun berdiri di atas lahan yang tidak terlalu luas. Penyungsung Pura Widya Dharma adalah umat setempat dan juga pendatang dari Bali sebagaimana umumnya Pura-pura yang ada di sekitar Jogja. Rumah umat terdekat berada di sebelah barat Pura.

2.Pura Vaikunta Vyomantara, Sleman, Jogja
Pura Vaikuntha Vyomantara berada di komplek Pangkalan TNI AU Adi Sucipto Janti Sleman Jogja. Pura ini diperuntukkan untuk warga di kesatuan TNI AU, namun umat dari di luar juga dapat mengikuti persembahyangan di Pura ini yang biasanya dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 setiap purnama dan tilem. Letaknya yang berada di dalam komplek Pangkalan TNI mengharuskan kita melewati pos penjagaan, tapi cukup dengan mengatakan akan ke Pura maka kita dipersilahkan untuk lewat. Bangunan pura sangat luas dan saat ini masih berada dalam tahap pengembangan fasilitas-fasilitas pendukungnya.

   
Tapi pak kalau mau Melacak kembali perjalanan luhur para leluhur pada jamannya melalui Candi-candi yang  ada di sepanjang perbatasan Yogyakarta dan Jateng. 
Secara runut untuk melakukan pelukatan untuk memperoleh energi penyatuan adalah
 
1. Candi Sambi Sari , untuk Penyucian atau petirtaan.
 
2. Candi Kalasan, merupakan tempan untuk melakukan pengolahan rasa sejati.
 
3. Candi Sari,  untuk mengisi energi pengetahuan ketuhanan
 
4. Candi Boko, untuk melakukan yoga panunggalan.
  
Kebetulan kalau memang ingin untuk mengunjungi tempat tersebut cukup mudah untuk mencapainya. Kalau dari arah Jakarta - Purworejo, paling Barat bisa 
dikunjungi adalah Pura Sayegan, selanjutnya adalah Pura Kasihan di Bantul, selanjutnya kearah Timur di Pura Banguntapan. selanjutnya ke arah Utara ke Pura 
Dero. Dari Pura Dero kita dapat langsung ke arah Timur menuju Candi-candi secara berurutan sesuai urutan arah: Sambi Sari, Kalasan, Sari, dan Boko
   
 
BOYOLALI
1. PURA BUANA PUJA

Desa Tagung Gede, Kecamatan Musuk, Kab. Boyolali. Pura ini berada di lereng timur Gunung Merapi. Berbatasan dengan wilayah Kayumas (masuk
 Kecamatan Jatinom Kab. Klaten).

2. PURA STAYA DHARMA

Dk. Gedung Ds. Sangup, Kec. Musuk, Kab. Boyolali


3. PURA GIRI WANGI

 pura ini terletak di desa pandean Kec. Juwangi, Kab. Boyolali. Hp. 081329223023 


4. PURA EYANG WCQ

Pura ini berada di Dukuh kedung randu  RT 20/RW 05 Desa Kalimati, Kecamatan Juwangi   hubungi hp 087836411887 pura ini bisa di tempuh dengan mengunakan angkot desa dari pura Giriwangi kurang lebih 15 menit

5. PURA DHARMA SAKTI
Dk. Banyu Urip Ds. Krobokan, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali

6. PURA BHUANA SUCI SARASWATI
Ds. Ngaru ngaru Kec. Banyudono, Kab. Boyolali. Pura ini dekat dengan pemandian Pengging. Kalau kita melintas dari Kartosuro menuju Boyolali, setelah Depo pertamina kita akan menemui papan nama yang cukup besar tentang arah ke pemandian Pengging, ikutilah petunjuk tersebut. Sebelum sampai pemandian kita akan sampai di pura ini. Sebenarnya tidak jauh dari pura Bhuana Suci Saraswati masih terdapat sebuah pura lagi yang lebih kecil.

7. PURA DITYA DHARMA
Ketaon, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali

8. PURA WIDYA LOKA SAKTI
Randusari, Kec. Teras, Kab. Boyolali

9. PURA ……..
Ampel, Boyolali. Lokasinya tidak jauh dari pasar Ampel.

10. PURA ……..
Dukuh …… Desa …. Kec. Sawit, Kab. Boyolali
 
KLATEN
 
1.   PURA WIRABUANA 
 Alamat: Komplek AKABRI    
    
2 . KLATEN  CANDI MERAK  
 Alamat : dusun Candi, desa Karang Nongko, kec. Karang Nongko, kab.   PURA GENTA BHUANA SAKTI   Alamat : Desa Gentan, Dompyongan, Jogonalan.    PURA MANGKU BHUANA SAKTI  Alamat :Desa Ngremang, Borangan, Manisrejo, kab. Klaten
 
 3.CANDI PRAMBANAN 
  Alamat :
    
   
4  PURA DESA SIDOREJO DELES
  Alamat :
 
 
 5.PURA DITA MAHA MATEN
  Alamat :
   
 6.PURA LINGGA BUANA SAKTI
  Alamat : Kec. Kalang, Kab. Klaten
   
 
7.PURA CANDI UNTOROYONO
  Desa Kalangan, Kec. Pedan, Kab. Klaten, Jateng
  Candi ini perlu dikunjungi karena banyak mengandung hal-hal gaib.
  Pengempon   :  Kec. Pedan  ada 400 KK
   
 
 8.PURA  DHARMA SENTANA
  Alamt : Dusun Tibayan
   
9.PURA  RANDU AGUNG
  Alamat: Desa Randualang.
   
10.  PURA SURYAJANA
  Alamat    : Dukuh Sidomulyo, desa Mlese, kec. Gantiwarno, kab Klaten,
 
 
 
 KARANG ANYAR
   
 
PURA SEDALEMAN—KARANG ANYAR
Alamat : Dukuh Siwalan, Desa Munggur, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar
PURA DUKUH SUMBER SARI – KARANGANYAR
Alamat :kec. Ngargoyoso
   
PURA PASEKAN AGUNG – KARANGANYAR
Alamat : Desa Pasekan, Karang Pandan, Karanganyar
Pemangku : Ketut Nedeng
    
PURA ARGALOKA—KARANG ANYAR
Alamat : Desa Belong, kec. Jenawi, kab. Karanganyar
    
PURA BUANA AGUNG MAHENDRA JATI
Dukuh Demping, Dusun Anggrasmanis,  Kec. Jenawi, Kab Karanganyar, Jateng
   
  Catatan:
  Di kec. Jenawi ada 13 buah pura.
  Pemangku :  Romo Djito, dan  Romo Widodo
  Dukuh Dempeing terdiri 50 KK, yang 48 KK umat Hindu, 1 KK  Islam, dan 1 KK  Kristen.
   
  PURA LINGGA BHUANA MAHENDRA AGUNG
  Alamat: Sedondong, Karanganyar
  Pemangku : Marto
   
  PURA KALISODO
   
   PURA JONGGOL SHANTI LOKA
  Alamat    : Desa Jelono
  Odalan:
  Pemangkunya: Romo Pinandita Gimanto
   
   
 WONOGIRI
   
  PURA GIRI  STHANU –WONOGIRI
  Alamat : Kampung Kajen Rt 01/Rw xi, Giri Purwo, Wonogiri kode pos57612
  Piodalan:
  Pemangku:  Bapak Djiwowiyono
   

SOLO
   
  PURA BHIRAWA DHARMA—SOLO
  Alamat : Komplek Komando Pasukan Khusus Group-2 Kartasura,  Kapten Putra Widiastawa
   
  SRAGEN
   
  PURA JAGATPATI
  Alamat :  Dusun Kauman, Kec. Masaran, kab . Sragen
   
 
 
 Mudah-mudahan ini membantu Pak Satya Mahendra Ueda.
   
  I Made Winadi Yasa
  Duta Kranji B 144
  Jl Cendrawasih V
  Bintara - Bekasi Barat

Sumber: http://www.rencang-sedharma.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Pura di Jawa Tengah dan Jogja"

saya sangat senang dengan dipublikasikannya data lengkap mengenai lokasi pura dan umatnya semoga semakin eksis

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top