Javanese beliefs (Kebatinan or Kejawen) have principles embodying a "search for inner self" but at the core is the concept of Peace Of Mind. Although Kejawen is a religious category(Agama), it addresses ethical and spiritual values as inspired by Javanese tradition. That can as religion in usual sense of the world, like Christianity, Judaism, Budha or Islam. Kejawen adalah Agama Jawa yang di Ajarkan dalam Budaya Jawa yang di sebut Kejawen. Kawruh kejawen. Ilmu Kejawen, Agama Kejawen

POP UP

Mas Tamvan on Facebook!

Dibangun dengan dana Rp 2 miliar Wonogiri bakal miliki pura megah

Dibangun dengan dana Rp 2 miliar Wonogiri bakal miliki pura megah
WONOGIRI - Dalam waktu yang tidak lama lagi, Wonogiri bakal mempunyai pura seindah dan sehebat Pura Besakih, Bali. Peletakan batu pertama pembangunan pura tersebut dilakukan Minggu (19/7) di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, tepatnya di sebelah barat bangunan Museum Karst.
Untuk mengawali prosesi tersebut, sekitar seribu umat Budha Bali datang di lokasi untuk menggelar doa yang dipimpin I Dewa Gde Nuaba SE. ”Ini merupakan rencana yang sangat bagus. Untuk itu ketika ada undangan dari bupati Wonogiri, kami langsung menyanggupinya untuk datang ke sini,” kata I Desa Gde Nuaba.
Kedatangan rombongan yang semuanya merupakan pengurus dan anggota Koperasi Adil tersebut diterima oleh Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi di pendapa rumah dinas bupati.
Begitu sampai halaman rumah dinas, rombongan disambut hiburan seni Reog yang telah membudaya di Wonogiri, diteruskan dengan suguhan berbagai seni tari. Atas penyambutan itu, pimpinan rombongan I Dewa Gde Nuaba merasa puas.
Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, tepatnya di areal Museum Karst, guna melakukan prosesi persembahan doa atas dimulainya pembangunan pura.
Sebelum prosesi doa dimulai, mereka terlebih dahulu merangkai janur untuk sesajian (canangsari). Di sela-sela pembuatan canangsari, I Dewa Gde Nuaba terus memberikan motivasi kepada seluruh umat Budha yang hadir dalam acara tersebut diiringi lagu-lagu religi yang diputar melalui Ipod milik I Dewa Gde Nuaba dan diperkeras melalui soundsystem yang dipersiapkan oleh panitia.
Batu Gunung AgungSementara, I Ketut Padang Subadra, arsitektur yang dipercaya membangun pura di Wonogiri menjelaskan, pada awalnya pura yang dibangun di atas bukit tersebut seluas 15 X 30 meter. Namun dalam perkembangannya luasannya ditambah menjadi 20 X 33 meter. ”Untuk menuju pura, kami menyediakan jalan naik bertrap sepanjang 125 meter,” ujarnya.
Disinggung soal dana, I Ketut menjelaskan, Pemkab Wonogiri telah menyediakan dana sebesar Rp 2 miliar. ”Setelah ada rencana pengembangan, biaya yang disediakan pun bertambah, namun katanya disokong dari berbagai pihak. Seperti hari ini I Dewa Gde Nuaba telah menjanjikan membantu Rp 100 juta, yang dihimpun dari anggota Koperasi Adil,” katanya. Dengan persiapan dana sejumlah itu, lanjutnya, I Ketut berani mendatangkan bahan-bahan berkualitas nomor wakhid.
”Untuk batu yang digunakan akan kami ambilkan batu lahar dari Gunung Agung, Bali. Sedangkan untuk kayunya, kami carikan kayu jati terbaik untuk selanjutnya dibawa ke Bali untuk digarap tenaga-tenaga ahli di sana, baru setelah jadi dibawa ke Wonogiri. Untuk ijuknya pun harus kami olah terlebih dahulu di Bali. Dengan bahan-bahan terbaik, nantinya pura ini sepadan dengan pura di Besakih, Bali,” ujarnya.
Kepala Badan Perencana Kabupaten (Bapekab) Wonogiri, Drs Pranoto MM menjelaskan, pembangunan pura tersebut merupakan realisasi program jagad spiritual yang dibangun di sekitar Monumen Karst Wonogiri. Pm-ip
http://www.wawasandigital.com

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Dibangun dengan dana Rp 2 miliar Wonogiri bakal miliki pura megah"

Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai kebali , namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uangdengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang isengbuka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya sayaragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini sayasu dahmelunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 pasti akan di bantu, atau buka websitenya agar lebih di mengerti
http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top